DAMPAK BELANJA ONLINE TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PAKAIAN KONVENSIONAL
DOI:
https://doi.org/10.52423/societal.v1i2.17Keywords:
Dampak, Belanja Online, Pendapatan Pedagang KonvensinalAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui dampak belanja online terhadap pendapatan pedagang pakaian konvensional di Mall Mandonga. (2) Untuk mengetahui strategi yang digunakan pedagang pakaian konvensional di Mall Mandonga untuk menghadapi perkembangan belanja online. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi
Hasil penelitian dilapangan menunjukan bahwa sebelum adanya belanja online, pedagang pakaian konvensional di Mall Mandonga mampu mendapatkan rata-rata pendapatan sebesar 3.062.500 Rp dari penjualan kotor harian. Namun, setelah adanya belanja online, terjadi penurunan pendapatan harian dari penjualan kotor pada pedagang pakaian konvensional menjadi 1.712.500 Rp. Hal tersebut menunjukkan bahwa setelah adanya belanja online, pendapatan pedagang pakaian konvensional di Mall Mandonga mengalami penurunan sebesar 44%. Penyebab penurunannya adalah berubahnya preferensi pembeli dan sengitnya persaingan akibat belanja online. Adapun strategi yang digunakan oleh pedagang pakaian konvensional di Mall Mandonga dalam menghadapi perkembangan belanja online adalah (1) Memperkuat kepercayaan pembeli (2) Pengunaan jaringan sosial.
References
DataReportal. 2022. Digital 2022 : Indonesia. https://datareportal.com/reports/ digital-2022-indonesia. Diunduh pada 5 juli 2022.
Marchel, Selly. 2020. Pengaruh Promosi Harga Kualitas Pelayanan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelangan Online Shop Zalora Di Kota Palembang. Thesis.STIE Multi Data Palembang, 2020.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif.
Nafisah, D. Sidi, A., Fahrudin, M. L & Chayatun, M. Y. 2021. Pengaruh Online Shop Terhadap Budaya Belanja Masyarakat Perumnas Made Lamongan. Jurnal Education and Religious Studies, 1(01), 16-21.
Tokopedia. https://www.tokopedia.com/about/our-story/. Diunduh pada 11 september 2022
Widianto, T & Octaviani, A. 2020. Analisa Sikap Belanja Online dan Harga Terhadap Keputusan Belanja Konsumen Pada Event Flash Sale Shopee. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan, 7(1), 37-46.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Yusuf, Jamaluddin Hos, Juhaepa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication is open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violations.
Societal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright ©2022 Author Powered by Public Knowledge Project OJS