PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING)/ONLINE PADA SISWA SMA DIMASA PENDEMI COVID-19 (Studi Didesa Waitii Barat, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi)
DOI:
https://doi.org/10.52423/societal.v1i2.3Keywords:
Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika siswa SMA di dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring/online dimasa pandemic COVID-19 Desa Waitii Barat, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi dan untuk mengidentifikasi strategi siswa SMA dalam mengatasi problem tersebut di Desa Waitii Barat, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif metode fenomenologi. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang terdiri dari guru, siswa dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam, dokumentasi, diskusi kelompok fokus (Focus Group Discussion, FGD) dan kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa problem yang di hadapi oleh siswa SMAN 1 TOMIA yang berada di Desa Waitii Barat, Kecmatan Tomia yaitu pertama kurangnya fasilitas, kurangnya fasilitas seperti HP, pulsa, dan kouta yang membuat para siswa sangat sulit untuk mengikuti proses pembelajaran DARING/online sehingga mereka harus bersusah payah untuk merusaha mendapatkan fasislitas itu. Kedua, jaringan yang tidak memadai, jaringan ini juga sangat penting dalam proses pembelajaran DARING/online dan jika tidak ada jaringan atau kurang baik proses pembelajaran DARING/online tidak akan dilakukan. Ketiga, kurang dalam bimbingan teknologi, kurangnya bimbingan teknologi membuat mereka kebingungan dalam pengaplikasian zoom.
References
Ade Nasihudin Al Ansori. (2020). Belajar di Rumah Akibat Corona COVID-19, Ini Pendapat dan Harapan Anak Indonesia.Liputan6. https://m.liputan6.com/health/read/4224969/b elajar-di-rumah-akibat-corona-covid-19-inipendapat-dan-harapan-anak-indonesia.
Afip, Miftahul, Basar. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa P andemi Covid-19 ( Studi Kasus Di SMPIT Nurul Fajril-Cikarang Barat-Bekasi). Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 2(1).
Ahmad, Yurianto. Bambang Wibowo, K. P. (2020). Pedoman Pencagahan Dan Pengendalian Covid-19 (M. I. Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina (ed.)).
Aji Syah. 2020. Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, KEterampilan, Dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i. Vol 7(5)
Anselm Strauss dan Juliet Corbin. 1997. Dasar-Dasar Penilitian Kualitatif Prosedur, Tehnik dan Teori. Surabaya: Bina Ilmu Ofset
A.M. Afrizal. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Depok. PT RajaGrafindo Persada.
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 7 (4). http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedogogy/index
Ashari. M. (2020). proses pembelajaran daring di tengah antisipasi penyebaran virus corona di nilai belum maksimal. pikiranrakyatcom. https://www. pikiranrakyat.com pendidikan/pr01353818/proses-pembelajaran-daring-di-tengah-antisipasipenyebaran- corona-dinilai-belummaksimal.
Bonk, C.J. (2002). Online Training in an Online World. Growth Lakeland. Retrieved from http://publicationshare.com
Dabbagh, N. (2007). Online Learning, Capcapts, Strategi And Aprication. Ohio= Pearson
Dewi.(2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2(1)
Hardianto, D. (2012). Karakteristik Pendidikan Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Online. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran, Vol.8(2), 1-10
https://www.smk1magelang.sch.id/artikel/360-berikut-4-strategi-pembelajaran.
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal Sinestesia, 10(1).
Kamayanti, D. Y. (2020). Analisis Pembelajaran Menggunakan Edmodo Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas Xii Dpib Di Smkn 1 Majalengka Tahun Ajaran 2020-2021. Journal Of Chemical Information and Modeling, 1689-1699.
Kusuma, J. W., & H. (2020). Platfrom Whatsapp Grup Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matemetika, 5(1), 97. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942
Kompyang Sri Wahyuningsih. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pangkaja Program Pascasarjana Universitas Hindu Negeri 1 Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Vol 24 (1)
Kitao, Kenji. S. Kathleen Kitao. (1998). Selecting and developing teaching/Learning materials. The Internet TESL Journal, Vol. IV.
Moe, T.M. (2000) The new economic of organization. American journal of political science 28(5):739-777.
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).
Nakayama, M. H, Yamamoto. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal ELearning, Vol.5(3).1.
Rahmawati, F. (2016). E-Learning Implementation: Its Opportunities and Drawbacks Perceived by EFL Students. Journal of Foreign Languange Teaching and Learning, 1(1). https://doi.org/10.18196/ftl.111
Rusman, dkk. 2011. Pembalajaran Berbasis Teknoligi Informasi dan Komunikasi, Mengembangkan profesionalitas Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT RajaGrafindo Persada
Riyana, Cepi, (2019). Konsep Pembelajaran Online. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp- content/uploads/pdfmk/TPEN4401-MI.pdf
Safrizal. dkk. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah. Jakarta: Mentri Dalam Negeri
Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme. Vol 2 (1).
Soekanto, Soerjono. 2017. Sosiologi Suatu Pengantar. Ed. Revisi, Cet. 48. Jakarta; Rajawali Pers
Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah dipahami. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.
Sugyono. 2015. Metode penelitian kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur.
Williams, Hartono. (1999). Design Web Based Training.New York: Villay.
Yaniawati, R. P. (2013). Pengaruh E-Learning Untuk Meningkatkan Daya Matematik Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3), 381–393. https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1137
Yaumi, M. (2007). the Implementation of Distance Learning in. Learning, (1996), 196–215
Yoo, S., Jeong Kim, H. and Young Kwon, S. (2014), “Between Ideal and Reality: A different view on online-learning interaction in a crossnation contex”, Journal for Multicultural Education, Vol. 8 No. 1, pp.13-30. https://doi.org/10.1108/JME-04-2003-001
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ali Rasid, Suharty Roslan, Sarmadan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication is open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violations.
Societal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright ©2022 Author Powered by Public Knowledge Project OJS