PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING)/ONLINE PADA SISWA SMA DIMASA PENDEMI COVID-19 (Studi Didesa Waitii Barat, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi)

Authors

  • Ali Rasid Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Suharty Roslan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Sarmadan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/societal.v1i2.3

Keywords:

Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika siswa SMA di dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring/online dimasa pandemic COVID-19 Desa Waitii Barat, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi dan untuk mengidentifikasi strategi siswa SMA dalam mengatasi problem tersebut di Desa Waitii Barat, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif metode fenomenologi. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang terdiri dari guru, siswa dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam, dokumentasi, diskusi kelompok fokus (Focus Group Discussion, FGD) dan kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa problem yang di hadapi oleh siswa SMAN 1 TOMIA yang berada di Desa Waitii Barat, Kecmatan Tomia yaitu pertama kurangnya fasilitas, kurangnya fasilitas seperti HP, pulsa, dan kouta yang membuat para siswa sangat sulit untuk mengikuti proses pembelajaran DARING/online sehingga mereka harus bersusah payah untuk merusaha mendapatkan fasislitas itu. Kedua, jaringan yang tidak memadai, jaringan ini juga sangat penting dalam proses pembelajaran DARING/online dan jika tidak ada jaringan atau kurang baik proses pembelajaran DARING/online tidak akan dilakukan. Ketiga, kurang dalam bimbingan teknologi, kurangnya bimbingan teknologi membuat mereka kebingungan dalam pengaplikasian zoom.

References

Ade Nasihudin Al Ansori. (2020). Belajar di Rumah Akibat Corona COVID-19, Ini Pendapat dan Harapan Anak Indonesia.Liputan6. https://m.liputan6.com/health/read/4224969/b elajar-di-rumah-akibat-corona-covid-19-inipendapat-dan-harapan-anak-indonesia.

Afip, Miftahul, Basar. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa P andemi Covid-19 ( Studi Kasus Di SMPIT Nurul Fajril-Cikarang Barat-Bekasi). Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 2(1).

Ahmad, Yurianto. Bambang Wibowo, K. P. (2020). Pedoman Pencagahan Dan Pengendalian Covid-19 (M. I. Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina (ed.)).

Aji Syah. 2020. Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, KEterampilan, Dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i. Vol 7(5)

Anselm Strauss dan Juliet Corbin. 1997. Dasar-Dasar Penilitian Kualitatif Prosedur, Tehnik dan Teori. Surabaya: Bina Ilmu Ofset

A.M. Afrizal. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Depok. PT RajaGrafindo Persada.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 7 (4). http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedogogy/index

Ashari. M. (2020). proses pembelajaran daring di tengah antisipasi penyebaran virus corona di nilai belum maksimal. pikiranrakyatcom. https://www. pikiranrakyat.com pendidikan/pr01353818/proses-pembelajaran-daring-di-tengah-antisipasipenyebaran- corona-dinilai-belummaksimal.

Bonk, C.J. (2002). Online Training in an Online World. Growth Lakeland. Retrieved from http://publicationshare.com

Dabbagh, N. (2007). Online Learning, Capcapts, Strategi And Aprication. Ohio= Pearson

Dewi.(2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2(1)

Hardianto, D. (2012). Karakteristik Pendidikan Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Online. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran, Vol.8(2), 1-10

https://www.smk1magelang.sch.id/artikel/360-berikut-4-strategi-pembelajaran.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal Sinestesia, 10(1).

Kamayanti, D. Y. (2020). Analisis Pembelajaran Menggunakan Edmodo Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas Xii Dpib Di Smkn 1 Majalengka Tahun Ajaran 2020-2021. Journal Of Chemical Information and Modeling, 1689-1699.

Kusuma, J. W., & H. (2020). Platfrom Whatsapp Grup Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matemetika, 5(1), 97. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942

Kompyang Sri Wahyuningsih. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pangkaja Program Pascasarjana Universitas Hindu Negeri 1 Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Vol 24 (1)

Kitao, Kenji. S. Kathleen Kitao. (1998). Selecting and developing teaching/Learning materials. The Internet TESL Journal, Vol. IV.

Moe, T.M. (2000) The new economic of organization. American journal of political science 28(5):739-777.

Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).

Nakayama, M. H, Yamamoto. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal ELearning, Vol.5(3).1.

Rahmawati, F. (2016). E-Learning Implementation: Its Opportunities and Drawbacks Perceived by EFL Students. Journal of Foreign Languange Teaching and Learning, 1(1). https://doi.org/10.18196/ftl.111

Rusman, dkk. 2011. Pembalajaran Berbasis Teknoligi Informasi dan Komunikasi, Mengembangkan profesionalitas Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT RajaGrafindo Persada

Riyana, Cepi, (2019). Konsep Pembelajaran Online. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp- content/uploads/pdfmk/TPEN4401-MI.pdf

Safrizal. dkk. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah. Jakarta: Mentri Dalam Negeri

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme. Vol 2 (1).

Soekanto, Soerjono. 2017. Sosiologi Suatu Pengantar. Ed. Revisi, Cet. 48. Jakarta; Rajawali Pers

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah dipahami. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.

Sugyono. 2015. Metode penelitian kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur.

Williams, Hartono. (1999). Design Web Based Training.New York: Villay.

Yaniawati, R. P. (2013). Pengaruh E-Learning Untuk Meningkatkan Daya Matematik Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3), 381–393. https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1137

Yaumi, M. (2007). the Implementation of Distance Learning in. Learning, (1996), 196–215

Yoo, S., Jeong Kim, H. and Young Kwon, S. (2014), “Between Ideal and Reality: A different view on online-learning interaction in a crossnation contex”, Journal for Multicultural Education, Vol. 8 No. 1, pp.13-30. https://doi.org/10.1108/JME-04-2003-001

Downloads

Published

2024-10-31