PERAN PEREMPUAN PEDAGANG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi di Pasar Wameo Kota Bau-Bau)

Authors

  • Aldin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Peribadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Sarmadan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/societal.v1i2.30

Keywords:

Peran, Perempuan, Pedagang, Pendapatan, Keluarga

Abstract

Penelelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga melalui usaha berdagang di Pasar Wameo Kota Bau-Bau sebagai tempat jual beli yang dianggap strategis untuk melancarkan perdagangannya. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penedekatan kualitatif yang berintikan pada metode deskriptif kualitatif dan upaya pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan berdagang dan melakukan pekerjaan sampingan lainnya para perempuan pedagang masyarakat di Pasar Wameo Kota Bau-Bau berhasil meningkatkan pendapatan keluarga, rata-rata pendapatan yang diterima dalam satu bulan sebanyak 1.000.0000 (satu juta) dan 3.000.000 (tiga juta). Hasil pendapatan dari proses jual beli tersebut digunakan untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan ekonomi rumah tangganya. Sedangkan salah satu faktor kelancaran dan kesuksesan perempuan dalam menjalankan usahanya, adalah karena Pasar Wameo Kota Bau-Bau adalah mudah dijangkau oleh banyak orang dari berbagai tempat, posisinya yang strategis, akses transportasi yang mudah, dekat dengan jalan raya, pengalaman orang tua/keluarga, dan Pasar Wameo adalah pasar terbesar yang berada di Kota Bau-Bau.

References

Damanuri, Y. P. & A. (2022). Analisis Lokasi Usaha Dalam Meningkatkan Keberhasilan Bisnis Pada Grosir Berkah Doho Dolopo Madiun. Journal of Economics and Business Research, 2(2), 289–304.

Effendi, A. Y. (2018). Pekerjaan Anak Sebagai Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi Vol. 2 No.1 Maret 2018 p.40-54 1., 2.

Lubis, F. dan S. (2020). Pengaruh Perilaku Kewirausahaan Terhadap Kemampuan Manajerial Pada Pedagang Pakaian Pasar Pusat Pasar Kota Medan. Jurnal Mmuhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(1).

Huda, M. N., Syariah, J. E. (2021) Peran Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Kelompok Wanita Tani Kenangadi Kampung Sukawala Lampung Tengah). 03(01, 41-05.

Nooyo, F. & I. (2020). Peranan Wanita Pedagang Sayur Terhadap Pendapatan Keluarga di Pasar Tradisional Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato. Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 8(1), 28-37.

Badi, A. (2022). Resiliensi Ekonomi Keluarga Perspektif Fikih: Studi Kasus Peran Pedagang Perempuan di Pasar Campurejo Kota Kediri Dalam Mencari Nafkah M. Mubasysyarum Bih,. 3(3), 337-352.

Tawas, H. N. (2020). Analisis Kontribusi Pekerja Wanita Sebagai Pedagang di Pasar Tradisional Pinasungkulan Karombasan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga. Jurnal Emba Vol. 8 No.2 April 2020, Hal. 79-88, 8(2), 79-88.

Sungkawati, E., Ratnawati. 2015. Motivasi Wanita Bekerja dalam Rangka Meningkatkan Peranan di Bidang Ekonomi. Prosiding. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wisuwardhana Malang.

Sulaeman, M. (2018). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnisurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 19(1) 64-72.

Downloads

Published

2024-10-31