DAMPAK SOSIAL EKONOMI PEMBANGUNAN JALAN POROS KENDARI-PANTAI TORONIPA TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT ( Studi Di Kelurahan Purirano, Kecamatan Kendari, Kota Kendari )DAMPAK SOSIAL EKONOMI PEMBANGUNAN JALAN POROS KENDARI-PANTAI TORONIPA TERHADAP KEHIDUPAN MA

Authors

  • Lusy Andy Ramoon Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia
  • Juhaepa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Suharty Roslan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/societal.v1i2.40

Abstract

Penelitian ini berjudul Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Jalan Poros Kendari-Pantai Toronipa Terhadap Kehidupan Masyarakat (Studi di Kelurahan Purirano Kecamatan Kendari Kota Kendari), adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dampak sosial ekonomi dari pembangunan jalan poros Kendari-Pantai Toronipa terhadap kehidupan masyarakat di Kelurahan Purirano. (2) Untuk mengetahui strategi masyarakat dalam menghadapi dampak negatif sosial ekonomi dari pembangunan jalan poros Kendari-Pantai Toronipa di Kelurahan Purirano. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang terdiri dari Kepala Lurah, Ketua RW 001, dan 8 orang masyarakat yang terdampak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dampak sosial ekonomi dari pembangunan Jalan Poros Kendari-Pantai Toronipa terbagi atas dua dampak yakni dampak positif dan dampak negatif, adapun dampak positifnya meliputi: (a) Mempercepat waktu tempuh antara Kota Kendari dan Pantai Toronipa dan (b) Mengurangi kepadatan transportasi antara Kota Kendari dan pantai Toronipa, sedangkan dampak negatifnya sebagai berikut: (a) Berkurangnya lahan produktif kelautan. (b) Terjadinya penggusuran dan relokasi. 

References

A.Hatu, R. (2013). Sosiologi Pembangunan, 70.

Anab, A., Kasnawi, T., & AT, M. R. (2023). Dampak Kawasan Industri Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan Di Kecamatan Bahodop Kabupaten Morowali. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1282–1290.

Diyan. (2020). Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Ilmiah, J., Muhammadiyah, U., Jenis, P., Kelamin, P., Molting, P., & Bakau, K. (2021). Sang Pencerah - Sang Pencerah. Wikipedia, 2, 465–475.

Irawan, P. (2015). Dampak Pembangunan terhadap Masyarakat. Jakarta

Kawasan, M., Wisata, P., Malang, K., Lintang, ), Pramesti, A., & Ningrum, S. (2022). PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT AKIBAT PEMBANGUNAN JALUR LINTAS SELATAN (JLS) (Studi Pada

Masyarakat Kawasan Pantai Wisata Kabupaten Malang). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 4(2), 6–25.

Mayangsari, A. S. (2017). Kajian Kesejahteraan Masyarakat. Fkip Ump, 4

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Putra, E. E., & Epriadi, D. (2014). Dampak Reklamasi di Kawasan Pesisir Pulau Batam Terhadap Keberlangsungan Hidup Nelayan Sekitar. 1–10.

Siagian, Sondang P. (2005). Teori dan Paradigma Pembangunan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Suharno dan Ana Retnoningsih, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Semarang: Widya Karya,), hal. 24. (2018). 7. Bab Ii Dampak. 12–33.

Soetomo. (2009). Masyarakat dan Perubahan Sosial: Perspektif Ilmu Sosial. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Taluke, J., Lesawengen, L., & Suwu A.A, E. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Tingkat Keberhasilan Mahasiswa Di Desa Buo Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Holistik, 14(2), 1–16.

Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515

Downloads

Published

2024-10-31