STRATEGI SATLANTAS DALAM MENGURANGI TERJADINYA PELANGGARAN LALU LINTAS PADA PENGENDARA MOTOR ANAK DIBAWAH UMUR
DOI:
https://doi.org/10.52423/societal.v1i2.44Keywords:
Strategi Satlantas, Pelanggaran Lalu Lintas, Pengendara Motor, Anak Dibawah UmurAbstract
Penelitian ini membahas mengenai masalah pelanggaran lalu lintas yang berdasarkan fenomena terjadi banyak anak dibawah umur yang melakukan pelanggaran lalu lintas dan harus dibutuhkan strategi apa yang dilakukan satlantas dalam mengurangi pelanggaran lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua hal, yaitu (1) Untuk mengetahui kendala kendala yang di hadapi satlantas Poresta Kota Kendari dalam mengurangi terjadinya pelanggaran lalulintas pada pengedara motor anak bawah umur dan (2) Untuk mengetahui dan menganalisis strategi satlantas dalam menanggani terjadinya pelanggaran lalulintas pada penggendara motor anak dibawah umur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dan penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah anak dibawah umur 17 tahun yang telah melakuka pelangaran sebanyak 3 orang dan pihak Satlantas Polresta Kendari sebanyak 6 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kendala – kendala yang dihadapi Satlantas Polresta Kendari dalam mengurangi pelanggaran lalu lintas pada pengendara motor anak dibawah umur yaitu (1) Kurangnya Sarana Dan Prasana Yang Mendukung, seperti alat trasnportasi umum berupa bus sekolah untuk antar dan jemput para pelajar serta rambu lalu lintas yang kurang memadai. Akan tetapi terdapat sarana dan prasana yang mendukung seperti angkutan umum dan ojek online. Dan (2) Kurangnya Kesadaran Pada Masyarakat, dimana masih belum mengetahui peraturan lalu lintas kemudian, strategi yang digunakan oleh Satlantas Polresta Kendari dalam mengurangi terjadinya pelanggaran lalu lintas pada pengendara motor anak dibawah umur, yaitu (1) Strategi Preventif yaitu sosialisasi dan (2) Strategi Represif tindakan penilangan atau penyitaan kendaraan.
References
Adir gunawan. (2022). Kersadaran Masyarakat Terrhadap Kerpatuhan Lalu lirntas Kerndaraan Berrmotor Roda dua dir Kerpolirsiran Rersort Batangharir (Irssuer serptermberr 2016). unirverrsirtas jambir.
Asdar Slamert & Basramir Dwir Putra. (2018). Ervaluasir Kapasirtas Dan Kirnerrja Ruas Jalan Studir Kasus Jaan Abdulah Sirlondaer Kerc. Mandoga. Angerwandter Chermirer Irnterrnatironal Erdirtiron, 6(11), 951–952., 2.
Naslirm, Derdir Surmadir (2023). Perlanggaran Lalulirntas DirKota Kerndarir Cukup tirnggir-https:www.rrir.co.ird/lairn-lairn/429864/perlanggaran-lalulirntas-dir-kota-kerndarir-cukup-tirnggir
Mirrnawatir. (2020). Stratergir Kerpolirsirsan dalam Merngurangir Perlanggaran Lalu Lirntas dir Kabupatern Gowa. Irn Jurnal Unirverrsirtas Muhammadiryah Makassar (Vol. 1, Irssuer 1).
Pusat
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kevin Resandi Putra Sanda, La Ode Monto Bauto, Darmin Tuwu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication is open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violations.
Societal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright ©2022 Author Powered by Public Knowledge Project OJS