DAMPAK GAME ONLINE MOBILE LEGEND TERHADAP KURANGNYA MINAT BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Warkop 46 1 Kecamatan Kambu Kelurahan Kambu)
Studi Kasus Warkop 46 1 Kecamatan Kambu Kelurahan Kambu
DOI:
https://doi.org/10.52423/societal.v1i1.33Keywords:
Game Online, Mobile Legend, Minar Belajar, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) game online mobile legend dapat mengurangi minat belajar mahasiswa dan 2) Dampak game online mobile legend terhadap kurangnya minat belajar mahasiswa di Warkop 46 1 Kecamatan Kambu Kelurahan Kambu.Penelitian ini mengadopsi pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel informan dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Informan terdiri dari pemilik warung kopi, satu karyawan, dan lima mahasiswa, sehingga totalnya ada tujuh orang. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa Mengapa game online mobile legend dapat mengurangi minat belajar mahasiswa dikarenakan di warkop 46 1 yang memiliki free wifi sehingga digunakan untuk bermain game online ketika ada waktu luang membuat mahasiswa lupa waktu untuk pulang kekamar kos sehingga belajar menjadi terganggu dan pemicu mahasiwa bermain game online karena saling memotivasi satu sama lain sehingga banyak waktu yang terbuang secara percuma ketimbang melaksanakan belajar. Dampak game online mobile legend terhadap kurangnya minat belajar mahasiswa di Warkop 46 1 Kecamatan Kambu Kelurahan Kambu yaitu memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif, mendapatkan pengalaman dan pengetahuan tentang perkembangan teknologi, menjadikan seorang berfikiran kreatif adan imajinatif, dapat mengrilekskan pikiran ketika bosan sedangkan dampak negatif, menimbulkan sifat malas, lupa waktu dan menyebabkan anti-sosial.
References
Anhar, R. 2014. Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Keterampilan Sosial Remaja Di 4 Game Centre Di Kecamatan Klojen Kota Malang. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Dewi, R. S. (2015). Perilaku Anti Sosial Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Untirta, 1(2), 1-13.
Handayani, D. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online pada Remaja Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman Menggunakan Analisis Regresi Logistik. Diss. Universitas Negeri Padang.
Nawariah, N. 2022. Konsep Manusia Menurut Pandangan Psikoanalisis Dan Behaviorisme. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal (JIPKL). Vol. 2 No. 5. Hal. 252-259. e-ISSN: 2964-0687.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung:Alfabeta cv
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diman Safaat, Muhammad Arsyad, Sarmadan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication is open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violations.
Societal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright ©2022 Author Powered by Public Knowledge Project OJS