PERAN KOMUNITAS JEJAK KONAWE DALAM MENDUKUNG PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH PADA DAERAH BINAAN DI KELURAHAN MEKAR SARI KECAMATAN TONGAUNA KABUPATEN KONAWE
DOI:
https://doi.org/10.52423/societal.v1i1.18Kata Kunci:
Role, Literacy Community, School-Age Children, Built-up AreaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran Komunitas Jejak Konawe dalam mendukung pendidikan anak usia sekolah pada daerah binaan di Kelurahan Mekar Sari, Kecamatan Tongauna, Kabupaten Konawe, (2) Untuk mengetahui hambatan Komunitas Jejak Konawe dalam mendukung pendidikan anak usia sekolah pada daerah binaan di Kelurahan Mekar Sari, Kecamatan Tongauna, Kabupaten Konawe. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang terdiri dari pelopor, koordinator, dan anggota dari komunitas jejak konawe, serta pemilik daerah binaan dan masyarakat (orang tua). Jenis sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) cara yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Adapun peran yang dilakukan oleh Komunitas Jejak Konawe dalam mendukung pendidikan anak usia sekolah pada daerah binaan meliputi: a) Peran Pembimbing, b) Peran Motivator, c) Peran Fasilitatif, d) Peran Mendidik, dan e) Peran Representatif. (2) Hambatan Komunitas Jejak Konawe dalam mendukung pendidikan anak usia sekolah pada daerah binaan di Kelurahan Mekar Sari meliputi: a) Tenaga pendidik, b) Keterbatasan waktu relawan, c) Kebiasaan anak/siswa yang belum dapat diatur, dan d) kehadiran anak yang tidak menentu.
Referensi
Adhimi, A. W., & Prasetyawan, Y. Y. (2019). Peran Komunitas Ruang Literasi Juwana Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Desa Langgen Kecamatan Juwana. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(3), 217-226.
Emzir, D., Chan, D., & Sam, M. (2010). Isu-isu Kritis Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Ghalia Indonesia.
Hajar, I., & Kharina, E. N. (2022). Peran Pemuda Karo Dalam Membangun Komunitas Belajar Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Anak Usia 7-12 Tahun Di Desa Samura. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 24-40. https://doi.org/10.37058/jpls.v7i1
Ife, J. & Tesoriero, F. (2008). Community Development: Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muslim, A. Q., & Suci, I. G. S. (2020). Peran Manajemen Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Peningkata Sumber Daya Manusia Di Indonesia. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–168. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/view/1855
Peribadi & Dewi, A. (2022). Paradigma, Pendekatan, Dan Multimetodologi Sebuah Riset Pembebasan Menuju Post Qualitatif. Yogyakarta: ZAHIR PUBLISHING.
Riadi Sonya G, Malafitri N, Zuhri S. (2020), Peran Komunitas Save Street Child Surabaya dalam Membangun Konsep Diri Pada Anak Jalanan di Kota Surabaya, Public Administration Journal of Research, 2 (3), 266-274.
Ulmi, T. F., Imran, I., & Ramadhan, I. (2021). Analisis Peran Relawan Organisasi Aku Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pemulung di TPAS Batu Layang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(3), 1049-1057.
Upe, Ambo. (2016). Metode Penelitian Sosial (Filosofi dan Desain Praktis). Kendari. Literacy Institute
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 nur_aisyah-ha_28
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication is open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violations.
Societal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright ©2022 Author Powered by Public Knowledge Project OJS