DAMPAK BELANJA ONLINE TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PAKAIAN KONVENSIONAL

(Studi di Mall Mandonga Kota Kendari)

Penulis

  • Muhammad Yusuf Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Jamaluddin Hos Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Juhaepa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/societal.v1i1.21

Kata Kunci:

Dampak, Belanja Online, Pendapatan Pedagang Konvensinal.

Abstrak

ABSTRAK

DAMPAK BELANJA ONLINE TERHADAP PENDAPATAN

PEDAGANG PAKAIAN KONVENSIONAL

(Studi di Mall Mandonga Kota Kendari)

 

Oleh: Muhammad Yusuf, Jamaludin Hos, Juhaepa

cupmuhyusuf@gmail.com

juhaepasos@gmail.com

jamaludin_hos@uho.ac.id

 

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui dampak belanja online terhadap pendapatan pedagang pakaian konvensional di Mall Mandonga. (2) Untuk mengetahui strategi yang digunakan pedagang pakaian konvensional di Mall Mandonga untuk menghadapi perkembangan belanja online. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi

Hasil penelitian dilapangan menunjukan bahwa sebelum adanya belanja online, pedagang pakaian konvensional di Mall Mandonga mampu mendapatkan rata-rata pendapatan sebesar 3.062.500 Rp dari penjualan kotor harian. Namun, setelah adanya belanja online, terjadi penurunan pendapatan harian dari penjualan kotor pada pedagang pakaian konvensional menjadi 1.712.500 Rp. Hal tersebut menunjukkan bahwa setelah adanya belanja online, pendapatan pedagang pakaian konvensional di Mall Mandonga mengalami penurunan sebesar 44%. Penyebab penurunannya adalah berubahnya preferensi pembeli dan sengitnya persaingan akibat belanja online. Adapun strategi yang digunakan oleh pedagang pakaian konvensional di Mall Mandonga dalam menghadapi perkembangan belanja online adalah (1) Memperkuat kepercayaan pembeli (2) Pengunaan jaringan sosial.

  

Kata Kunci : Dampak, Belanja Online, Pendapatan Pedagang Konvensinal.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

DataReportal. 2022. Digital 2022 : Indonesia. https://datareportal.com/reports/ digital-2022-indonesia. Diunduh pada 5 juli 2022.

Marchel, Selly. 2020. Pengaruh Promosi Harga Kualitas Pelayanan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelangan Online Shop Zalora Di Kota Palembang. Thesis.STIE Multi Data Palembang, 2020.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif.

Nafisah, D. Sidi, A., Fahrudin, M. L & Chayatun, M. Y. 2021. Pengaruh Online Shop Terhadap Budaya Belanja Masyarakat Perumnas Made Lamongan. Jurnal Education and Religious Studies, 1(01), 16-21.

Tokopedia. https://www.tokopedia.com/about/our-story/. Diunduh pada 11 september 2022

Widianto, T & Octaviani, A. 2020. Analisa Sikap Belanja Online dan Harga Terhadap Keputusan Belanja Konsumen Pada Event Flash Sale Shopee. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan, 7(1), 37-46.

Diterbitkan

2024-08-07