INTRAKSI SOSIAL ANTAR PEDAGANG SAYUR DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS DI PASAR MANDONGA KOTA KENDARI

Penulis

  • Anita Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Suharty Roslan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Sarmadan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/societal.v1i1.34

Kata Kunci:

Interaksi Sosial, Pedagang Sayur

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi cara pedagang sayur berinteraksi di pasar Mandonga dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode penelitian ini adalah kualitatif, dengan informan dipilih secara sengaja untuk memberikan wawasan yang mendalam. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan interaktif yang melibatkan reduksi data, penyajian, dan kesimpulan. Hasilnya mengungkapkan beragam bentuk interaksi sosial, seperti kerjasama, asimilasi, akomodasi, persaingan, kontravensi, dan konflik, serta faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial, termasuk imitasi, simpati, sugesti, dan identifikasi

Referensi

Soekanto. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Soekanto. 2016. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sutopo, H. B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasinya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Triwik, Alfia Ningrum dan Muhamad Turhan Yani. 2013. Pola Interaksi Sosial Antar Pedagang Di Wilayah Ampel Surabaya. Jurnal. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

Upe, Ambo. 2017. Pengantar Statistika Sosial. Kendari: Literacy Insitute.

Diterbitkan

2024-04-30