DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA GADGET TERHADAP KARAKKTER REMAJA (Studi Di Desa Lapole Kecamatan Maligano Kabupaten Muna)
Studi Di Desa Lapole Kecamatan Maligano Kabupaten Muna
DOI:
https://doi.org/10.52423/societal.v1i1.29Keywords:
Dampak, Gadget, Karakter, RemajaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunan media gadget terhadap karakter remaja Di Desa Lopele Kacamatan Maligano Kabupaten Muna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatiif dengan Teknik pengumpulan data berupa dokumentaasi, wawancara, dan observasi mendalam. Teknik analisis data yaitu model interaksi menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan.Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media gadget dapat memberikan dampak positif dan dampak negatif bagi karakter remaja. Adapun yang menjadi dampak positif dari media gadget yaitu menambah pengetahuan, menambah pertemanan dan mempermudah komunikasi. Selain itu yang menjadi dampak negatif yaitu, mengurangnya interaksi sosial, dan memiliki perilaku kekerasan yang berupa berkata bohong, berkata kasar dan membangkan kepada orang tua atau kepada siapa pun yang menasehatinya kehal-hal yang baik dan benar. Kemudian yang menjadi startegi yang dapat mereka lakukan untuk mengatasi dampak negatif penggunaan media gadget yaitu dengan memberikan hukuman berupa menyita hpnya dan memotong uang jajan, serta memberikan nasehat
References
Agus M.Hardjana,2016. Mempermudah Komunikasi Dengan Alat Canggih. Jurnal Akademik. Vol 01. No 02.
Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Bagi Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin.
Cahyaningrum, Eka Sapti. Sudaryanti, Nurtanio Agus Purwanto. (2017). Pengembangan Nilainilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Volume 6, Edisi 2, Desember 2017
Chusna, Asmaul Puji. 2017. Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan. Vol.17. No. 2. Hal 319
Fuchs, 2014. Media sosial ladang untuk menambah sosialisai. Jurnal akademik. Vol 3. No 2.
Reswita. 2017. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Capaian Perkembangan Anak. PAUD. Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, No 1, Oktober 2017
Restian, A. (2020). Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Dalam Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(2), 119–127.
Riyaningsih, E., Maryono, M., & Harini, H. (2018). Establishment Of Learners’ Character Through Learning Traditional Dance In Senior High School. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 18(1), 13–27.
Upe, Ambo (2016). Metode Penelitian Sosial (Filosofi Dan Dasar Praktek) Kendari : Literasi Institute.
Wungouw, 2018; Riyadi, 2020. Pembentukan Karakter pada remaja studi di desa lamongan.
Yuliaharti. (2018). Pembentukan Karakter Islamidalam Hadis Dan Implikasinya Pada Jalur Pendidikan Non Formal. POTENSIA:Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 216–228.
Zega, R Anita, V Laila, S Wulandari Y, Lase. A.A Siregar S. L. (2020). Penerapan Terapi Aktivitas Kelompok Senam Aerobic Law Impact Pada Asien Resiko Kekerasan.
Zubaedi. (2011).Desain Pendidikan Karakter Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sarma Yanti, La Ode Monto Bauto, Amin Tunda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Every publication is open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violations.
Societal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright ©2022 Author Powered by Public Knowledge Project OJS