DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA GADGET TERHADAP KARAKKTER REMAJA (Studi Di Desa Lapole Kecamatan Maligano Kabupaten Muna)

Studi Di Desa Lapole Kecamatan Maligano Kabupaten Muna

Penulis

  • Sarma Yanti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • La Ode Monto Bauto Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia
  • Amin Tunda Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/societal.v1i1.29

Kata Kunci:

Dampak, Gadget, Karakter, Remaja

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunan media gadget terhadap karakter remaja Di Desa Lopele Kacamatan Maligano Kabupaten Muna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatiif dengan Teknik pengumpulan data berupa dokumentaasi, wawancara, dan observasi mendalam. Teknik analisis data yaitu model interaksi menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan.Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media gadget dapat memberikan dampak positif dan dampak negatif bagi karakter remaja. Adapun yang menjadi dampak positif dari media gadget yaitu menambah pengetahuan, menambah pertemanan dan mempermudah komunikasi. Selain itu yang menjadi dampak negatif yaitu, mengurangnya interaksi sosial, dan memiliki perilaku kekerasan yang berupa berkata bohong, berkata kasar dan membangkan kepada orang tua atau kepada siapa pun yang menasehatinya kehal-hal  yang baik dan benar. Kemudian yang menjadi startegi yang dapat mereka lakukan untuk mengatasi dampak negatif penggunaan media gadget yaitu dengan memberikan hukuman berupa menyita hpnya dan memotong uang jajan, serta memberikan nasehat

Referensi

Agus M.Hardjana,2016. Mempermudah Komunikasi Dengan Alat Canggih. Jurnal Akademik. Vol 01. No 02.

Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Bagi Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin.

Cahyaningrum, Eka Sapti. Sudaryanti, Nurtanio Agus Purwanto. (2017). Pengembangan Nilainilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Volume 6, Edisi 2, Desember 2017

Chusna, Asmaul Puji. 2017. Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan. Vol.17. No. 2. Hal 319

Fuchs, 2014. Media sosial ladang untuk menambah sosialisai. Jurnal akademik. Vol 3. No 2.

Reswita. 2017. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Capaian Perkembangan Anak. PAUD. Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, No 1, Oktober 2017

Restian, A. (2020). Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Dalam Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(2), 119–127.

Riyaningsih, E., Maryono, M., & Harini, H. (2018). Establishment Of Learners’ Character Through Learning Traditional Dance In Senior High School. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 18(1), 13–27.

Upe, Ambo (2016). Metode Penelitian Sosial (Filosofi Dan Dasar Praktek) Kendari : Literasi Institute.

Wungouw, 2018; Riyadi, 2020. Pembentukan Karakter pada remaja studi di desa lamongan.

Yuliaharti. (2018). Pembentukan Karakter Islamidalam Hadis Dan Implikasinya Pada Jalur Pendidikan Non Formal. POTENSIA:Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 216–228.

Zega, R Anita, V Laila, S Wulandari Y, Lase. A.A Siregar S. L. (2020). Penerapan Terapi Aktivitas Kelompok Senam Aerobic Law Impact Pada Asien Resiko Kekerasan.

Zubaedi. (2011).Desain Pendidikan Karakter Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana

Diterbitkan

2024-08-01